tip menghindari keylogger alias pencuri data electronik anda

image

HATI2 KALAU MEMAKAI PC DI TEMPAT UMUM (SEPERTI WARNET, DLL...)
CEK BELAKANG PC DAN LIHAT APAKAH ALAT INI ADA DI BELAKANG PC, BILA ADA, JGN PAKAI PC ITU!!!!


Alat ini dicolok diujung kable keyboard yg terhubung ke PC, ini digunakan untuk menyimpan semua yg telah diketik oleh keyboard itu... Kebanyakan ini dipakai di internet kafe, pameran, hotel dan bandara. Maka berhati2lah terutama anda yg menggunakan internet di tempat seperti itu untuk mengakses account bank online atau site penting lainnya.
Setelah anda masuk ke account bank, dan setelah selesai, meninggalkan PC, itu akan dgn mudahnya untuk membuka account itu kembali dgn apa yg sebelumnya anda ketik, yg telah tersimpan di dlm Black Device.
Jadi, sebaiknya anda cek dlu PC nya apakah ada sesuatu yg mencurigakan di belakangnya sebelum menggunakan internet di tempat umum untuk mengakses site penting

Bagaimana keylogger bekerja?

Pada dasarnya, keylogger hanya merekam penekanan tombol pada keyboard dan menyimpannya pada suatu tempat untuk selanjutnya diambil kembali (text file atau zipped). Secara teknis, keylogger 'menangkap' semua karakter yang masuk ke dalam komputer. Keylogger akan merekam SEMUA tombol yang ditekan kecuali [Ctrl] + [Alt] + [Del]. Keylogger dapat menyimpan data pada komputer, atau mengirimkannya melalui internet, sehingga tidak ada gunanya mencoba mencari log keylogger, karena mungkin saja data username dan password kalian sudah dikirim ke komputer lain atau website.

Cara mendeteksi keylogger

Tidak bisa kecuali anda menggunakan software tertentu untuk melacak keylogger. Ada software yang baik di internet, namun mungkin akan percuma, karena sebagian besar warnet melarang browsing dan semua floppy disk yang ada dikunci. Keylogger juga tidak dapat dideteksi secara manual, karena didesain untuk bekerja secara tersembunyi.

Bagaimana mengatasinya?

Menghindari sebuah keylogger sangatlah mudah. Kelemahan utama dari keylogger adalah tidak dapat menyimpan pergerakan mouse. Anda dapat menggunakan mouse untuk menipu keylogger, dengan cara menaruh kursor pada tempat tertentu dan memasukkan satu karakter di tengah. Lalu bagaimana cara awam mengamankan diri dari keylogger?

1. Masukkan huruf pertama dari password anda di kolom password. Misalnya passwordnya adalah cinta, ketikkan c pada kolom password
2. Buka notepad atau apa saja untuk mengetik. Ketikkan karakter acak secara sembarang di situ, misalnya lkid2@asldiuna.shf
3. Masukkan huruf kedua dari password yaitu i di kolom password
4. Pindahkan kursor ke notepad kemudian ketikkan karakter acak secara sembarang di notepad (jangan hapus ketikan acak sebelumnya) misalnya j;;kmqw89d7we
5. Masukkan huruf ketiga password yaitu n
6. Pindah ke notepad kemudian ketikkan karakter acak sembarang misalnya e78d3e2enh,.asyudas
7. Lanjutkan sampai password terisi dengan benar.

Bila komputer terpasang keylogger, setiap ketikan akan direkam termasuk password. Saat mengetikkan password, huruf pertama anda masukkan c kemudian karakter acak sembarang maka semua karakter ketikan akan terekam dengan baik oleh keylogger. Si maling akan mendapatkan karakter panjang tak bermakna yang cukup membingungkan untuk menentukan apa password korbannya.

Lihat string yang didapatkan si maling:
clkid2@asldiuna.shfij;;kmqw89d7wene78d3e2enh,.asyudast9weuryqwrbs
d8u8-pejs,cjhsa

Anda bisa mempraktekkan cara di atas untuk setiap komputer yang dicurigai berkeylogger atau ingin lebih aman mengakses internet di komputer umum. Cara ini bisa dipakai bukan hanya untuk browser tapi juga e-mail client atau aplikasi lainnya. Bisa digabungkan dengan username sehingga mempersulit si maling untuk mendapatkan combo username & password.

Semoga informasi ini berguna untuk anda semua.. dan mencegah terjadinya hal2 yg tdk diinginkan.

Thu, 18 Mar 2010 @03:52

Copyright © 2017 YANES MEVINA.COM · All Rights Reserved